TALKSHOW DI RADIO, KPU POLMAN SOSIALISASI PINDAH MEMILIH DAN SURAT SUARA

By Admin KPU 07 Feb 2019, 11:59:37 WIBBerita KPU

TALKSHOW DI RADIO, KPU POLMAN SOSIALISASI PINDAH MEMILIH DAN SURAT SUARA

Keterangan Gambar : Foto bersama pasca kegiatan talkshow sosialisasi di radio


Polewali, kpu.polmankab.go.id - Jelang akhir penyusunan data pemilih DPTb dan DPK, KPU Polewali Mandar massifkan sosialisasi di media, salah satunya talkshow sosialisasi di radio Mario FM 99,9 yang studionya berada di Jalan Dr. Soepomo nomor 8 Pekkabata Kecamatan Polewali, Rabu (06/02/2019).

Acara berlangsung pada malam hari pukul 19.00 yang dibawakan langsung oleh Komisioner KPU Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Muslim Sunar bersama Divisi SDM dan Parmas, Munawir Arifin dengan dipandu oleh dua orang penyiar Radio Mario FM, Rusman dan Ayu Nurfika.

Dalam sosialisasinya, Muslim Sunar menyampaikan hal terbaru terkait kemudahan pemilih dalam melakukan proses pindah memilih dan penggunaannya.

"Ada sedikit yang berbeda dengan pemilu sebelumnya, kalau di pemilu 2014, pindah memilih itu hanya bisa dikeluarkan oleh PPS atau KPU asal, maka untuk 2019 ini boleh dua-duanya PPS/KPU asal atau PPS/KPU tujuan yang ditempati. Dan yang berbeda juga dengan Pemilu 2019 ini adalah, jika ingin pindah memilih diluar dapil kabupaten, maka dia tidak akan diberikan surat suara kabupaten, demikian juga dengan dapil provinsi", Ucap Muslim.

Selain itu, Muslim Sunar juga menyampaikan mekanisme sederhana dalam proses pindah memilih.

"Caranya sederhana, mendatangi PPS/KPU asal atau tujuan dengan membawa KTP-nya sebagai bukti kemudian melaporkan bahwa saya mau pindah memilih ditempat ini dengan alasan yang membuat dia tidak bisa memilih ditempat asal, kemudian PPS/KPU akan mengecek yang bersangkutan ini apakah terdaftar dalam DPT, setelah itu PPS akan mengeluarkan form A.5", tambahnya.

Sementara dari Munawir Arifin menjelaskan jenis surat suara yang akan digunakan pada pemilu serentak tahun 2019.

"Ini tidak terlalu ribet, karena memang ada warna khusus untuk 5 kertas surat suara ini. dimulai dari warna hijau untuk surat suara DPRD Kab/Kota, warna biru untuk surat suara DPRD Provinsi, warna kuning untuk surat suara DPRI, warna merah untuk surat suara DPD RI, dan terakhir warna abu-abu presiden dan wakil presiden, dan dari kelima surat suara itu, yang ada gambarnya adalah warna abu-abu presiden-wakil presiden dan warna merah untuk DPD, sisanya untuk 3 surat suara hanya ada nomer dan lambang partai serta nama dan nomer urut calon", Jelasnya.

Selain itu, Munawir Arifin menambahkan terkait tahapan perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dalam waktu dekat akan dilakukan dan mengajak masyarakat yang memenuhi syarat untuk mendaftarakan diri menjadi bagian dari penyelenggara Adhoc.

"Sekedar diketahui, kedepan KPU Polman akan melalukan rekruitmen sebanyak 8.603 penyelenggara Adhoc ditingkat KPPS yang akam bekerja dalam melaksanakan proses pemungutan suara di 1.229 TPS yang tersebar di 16 Kecamatan Polewali Mandar. Maka, dari itu kami mengajak seluruh masyarakat Polman agar berbondong-bondong mendaftarkan diri menjadi penyelenggara KPPS yang pendaftarannya akan dibuka pada tanggap 28 Februari nantinya", tutup Munawir



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagimana Kinerja Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Polewali Mandar
  Sangat Baik
  Baik
  Tidak Baik

Komentar Terakhir

  • Sewa Mobil Bali Dengan Supir

    Hello there, just became alert to your blog through Google, and found that it is ...

    View Article
  • Contextual Backlink

    It is not my first time to go to see this website, i am visiting this site dailly ...

    View Article
  • Rental Motor di Bali

    Hello there, I found your website by way of Google whilst searching for a similar ...

    View Article
  • Taman Pelangi Jogja

    Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it. Look ...

    View Article