KPU POLMAN GELAR UJI PUBLIK PENATAAN ULANG DAPIL DAN ALOKASI KURSI

By Admin KPU 10 Feb 2018, 15:12:17 WIBBerita KPU

KPU POLMAN GELAR UJI PUBLIK PENATAAN ULANG DAPIL DAN ALOKASI KURSI

Keterangan Gambar : Saat Sambutan Ketua KPU Polewali Mandar


kpu.polmankab.go.id-Polewali, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Polewali Mandar mengadakan Uji Publik Usulan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Polewali Mandar.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Hotel Lilianto Polewali yang dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat, agama, LSM, Akademisi dan pimpinan partai politik serta Sumarding selaku Panwaslih Kabupaten Polewali Mandar, Sabtu (10/02/2018).

Seperti biasa, kegiatan dipimpin  oleh M. Danial Ketua KPU Polewali Mandar dan sejumlah Komisioner KPU lainnya, Saifuddin, Hasriadi, dan Fitrinela.

Kegiatan ini didasari pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 16 Tahun 2017 tentang Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Umum, dan PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.

Ada sejumlah 3 (tiga) alternatif penataan ulang dapil yang ditawarkan dalam diskusi uji publik oleh KPU Polewali Mandar.

Alternatif yang pertama sama dengan Pemilu Tahun 2014, dimana dapil I terdiri dari Kecamatan Binuang dan Polewali dengan pembagian kursi 10. Dapil II terdiri dari Kecamatan Anreapi, Tapango, Matangnga dengan alokasi kursi 7. Dapil III terdiri dari Kacamata Wonomulyo, Mapilli dan Bulo dengan alokasi kursi 9. Dapil IV terdiri dari Kecamatan Campalagian, Luyo dan Tubbitaramanu dengan alokasi kursi 11. Dapil V terdiri dari Kecamatan Balanipa, Tinambung, Limboro dan Alu dengan alokasi kursi 8.

Alternatif ke 2 (dua), Dapil I mencakup Kecamatan Binuang, Polewali, Anreapi dengan alokasi kursi 11. Dapil II mencakup Kecamatan Matakali, Tapango, Matangnga, Bulo dengan alokasi kursi 7. Dapil III mencakup Kecamatan Wonomulyo dan Mapilli dengan alokasi kursi 8. Dapil IV mencakup kecamatan Campalagian, Luyo dan Tubbitaramanu dengan alokasi kursi 11. Dapil V mencakup Kecamatan Balanipa, Tinambung, Limboro, Alu dengan alokasi kursi 8.

Alternatif ke 3 (tiga) , Dapil I terdiri dari Binuang dan Polewali dengan alokasi kursi 10. Dapil II terdiri dari Anreapi, Matakali, Tapango, Matangnga dengan alokasi kursi 7. Dapil III terdiri dari Wonomulyo, Mapilli, Bulo dengan alokasi kursi 9. Dapil IV terdiri dari Kecamatan Campalagian, Luyo dengan alokasi kursi 9. Dapil V terdiri dari Kecamatan Balanipa, Tinambung, Limboro, Alu dan Tubbitaramanu dengan alokasi kursi 10.

Dari Alternatif yang ditawarkan, alternatif pertama yang menjadi prioritas dalam penataan dapil, diantaranya PDIP, PKS, Berkarya, Gerindra, Demokrat, PPP, dan Nasdem, sementara untuk alternatif ke 2 dari Partai Hanura dan Perindo, alternatif ke 3 hanya Golkar serta sisanya untuk partai PKB dan peserta lain memilih menyerahkan kepada KPU untuk memutuskan.

Diakhir acara masing-masing dari pimpinan partai menandatangani berita acara berdasarkan masing-masing usulan bahwa alternatif pertama dianggap paling ideal dan memenuhi prinsip-prinsip penataan daerah pemilihan secara optimal terutama prinsip kesinambungan.(Mul)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagimana Kinerja Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Polewali Mandar
  Sangat Baik
  Baik
  Tidak Baik

Komentar Terakhir

  • sablon kaos murah bandung priangan

    mantappp ...

    View Article
  • lowongan kerja baru

    terimakasih banyak ...

    View Article
  • Jasa SEO Indonesia Terbaik Bergaransi Uang Kembali

    Tampilan web Anda sangat bagus dan menarik. Great Job! ...

    View Article
  • Pemesanan Jasa SEO

    Makasih atas informasinya kawan. https://jasaseoweb.net/paket-jasa-seo-tahunan/ ...

    View Article